Selasa, 12 Juni 2012

Karakteristik RME

RME mempunyai lima karakteristik (de Lange, 1987, 1996; Traffers, 1991; Gravimeijer, 1994 dalam Zulkardi, 2003) :

1. Menggunakan masalah kontekstual (masalah kontekstual sebagai aplikasi dan sebagai titik tolak darimana matematika yang diinginkan dapat muncul)


2. Menggunakan model atau jembatan dengan instrumen vertikal ( perhatian diarahkan pada pengembangan model, skema dan simbolisasi dari pada hanya mentransfer rumus atau matematika formal secara langsung)

3. Menggunakan Kontrubusi Murid ( kontribusi yang besar pada proses belajar mengajar diharapkan dari konstruksi murid sendiri yang mengarahkan mereka dari metode informal mereka kearah yang lebih formal atau standar)

4. Intraktivitas (negosiasi secara eksplisit, intervensi, kooperasi dan evaluasi sesama murid dan guru adalah faktor penting dalam proses belajar secara konstruktif dimana strategi informal murid digunakan sebagai jantung untuk mencapai yang formal)
5. terintegrasi dengan topik pembelajaran lainnya ( pendekatan holistik, menunjukkan bahwa unit-unit belajar tidak akan dapat dicapai secara terpisah tetapi keterkaitan dan keterintegrasian harus dieksploitasi dalam pemecahan masalah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar