Jumat, 01 Juni 2012

Pengembangan PMRI di Indonesia

PENGEMBANGAN PMRI DI INDONESIA


  • Sejarah PMRI
                 Sejarah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dimulai dari mereformasi pendidikan matematika di Indonesia. yang dilakukan oleh tim PMRI (dimotori oleh Prof.A. RK Sembiring dkk). Pendidikan matematika realistika Indonesia merupakan adaptasi dari Realistic Mathematical Education (RME). Rme itu adalah teori pembelajaran yang dikembangkan di BElanda sejaktahun 1970_an oeh Hans Freudhental. PMri ini sudah dilaksanakan secara resmi tahun 1998, pada saat mengirim sejumlah dosen pendidikan matematika dari beberapa LPTK di Indonesia untuk mengambil program s3 dalam pendidikan matematika di Belanda.

  • Beda RME dan PMRI
              -  PMRI menambahkan dari RME menggunakan konteks yang diketahui di Indonesia
         -  hanya terletak pada i di PMRI.

  • Kendala dalam Pelaksanaannya
             Kesan Positif : lebih motivasi, bisa beragumentasi, interaksi, aktif, makin mudah dipahami, terbuka
         Kendala : kurikulum tidak tuntas, guru merasa susah, menghabiskan banyak waktu, kurang wawasan

Sumber :  Meryansumayeka,S.Pd,M.Sc dan p4mri.net  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar